Kajian Ekonomi Islam – Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat

Pembahasan tentang Ekonomi Islam

Agama islam sangat luas sekali, segala keperluannya ada , apa yang dibutuhkan umat manusia ada dalam islam. Salah satunya terkait masalah Ekonomi , Islam pun sudah mengaturnya, dan banyak manusia yang tidak mengetahui.

Islam berbicara tentang harta, baik harta yang terpuji atau tercela.

Para ulama islam dari zaman ke zaman telah menulis tentang Ekonomi Islam.

Ulama adalah pewaris para nabi, dan sesungguhnya para nabi tidak mewarisi uang dinar dan dirham, tapi para nabi mewarisi ilmu.

Demikian tingginya martabat para ulama itu.

Wajib bagi setiap muslim setelah berwala kepada para nabi, mereka berwala kepada para ulama.

Dasar pengambilan masalah Ekonomi adalah Alquran, Assunnah , Ijma dan Ijtihad para mujtahidin.

Dari dasal Alquran, Sunnah dan Ijma, kebenarannya mutlak. Adapun ijtihad mujtahidin bisa benar dan bisa salah.

Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat membahas dalam salah satu bukunya tentang ekonomi islam, buku edisi pertama menjelaskan tentang pengenalan ekonomi islam.

Setelah buku pertama Ustadz Abdul Hakim pun menyusun buku yang kedua yaitu buku amwaal atau kitab harta di dalam islam lalu setelahnya adalah kitabul buyu, kitab jual beli di dalam islam.

Keistimewaan beliau dalam menyusun tentang buku Ekonomi Islam ini adalah dengan mengedepankan pendekatan Ahlil Hadits.

Masya Allah buku Ekonomi Islam ini sangat bernilai sekali, jika membaca buku ini terasa betul manhaj ahlil haditsnya

Kalau orang yang pernah belajar muamalah islamiyah, kebanyakan muamalah terasa rasa fikihnya, tapi buku ini terasa rasa haditsnya, betul-betul pendekatan ahlul hadits, sehingga pendapatnya adalah pendapat yang sangat kuat sekali.

Oleh karena itu tidak salah jika para ulama mengatakan kalau bukan ahlil hadits, ahlusunnah itu siapa lagi? merekalah ahlul hadits,

Buku ini buku muamalah, yang kebanyakan orang menyajikannya dari pendekatan fikih, tapi buku ini membawanya dari pendekatan hadits, ini perbedaan buku yang ditulis oleh Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat hafidzahullah dengan buku-buku muamalah yang lainnya.

Orang yang pernah belajar muamalah islamiyah akan merasakan hal itu

Orang yang pernah belajar duduk udi fakultas syariah akan merasakan nikmatnya buku ini.

Ekonomi islam sangat kuat sekali, karena ia dari wahyu Allah, berbeda dengan sistem ekonomi orang kafir, dia keluar dari akal pikiran manusia dan hawa nafsur, bukan berdasarkan wahyu sehingga keluar dari mereka perkara-perkara yang diharamkan oleh agama.

Silahkan simak pemaparan beliau, dan sungguh miris ketika ada sebagian orang yang mungkin berkata kalau ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat bukanlah Pakar Ekonomi, hanya karena beliau tidak memiliki gelar atau mengenyam pendidikan sebagaimana ustadz yang dikenal katanya pakar ekonomi.

Ini adalah perkataan yang tidak benar, bahkan beliau sangat paham tentang apa itu ekonomi islam, bahkan ilmu tentang ekonomi islamnya justru sangat kental dengan nuansa hadits, begitu dalam dan kuat.

Silahkan simak dan mudah-mudahan bisa mengambil manfaat yang banyak dari apa yang beliau sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *