Sebagian Ulama Shalat Tarawih di Masjidil Haram 11 Rakaat ~ Ustadz Abdul hakim bin Amir Abdat

Ada Ulama Yang Memilih Shalat Tarawih 11 Rakaat Di Masjidil Haram

Dalam soal jawab ini al ustadz Amri Azhari hafizhahullah bertanya kepada al fadhil al ustadz Abdul Hakim Abdat hafizhahullahu ta’ala berkenaan dengan sikap sebagian ulama yang shalat tarawih di Masjidil Haram hanya sampai 11 raka’at kemudian mereka keluar dan tidak mengikuti imam sampai shalat selesai.

Apakah tepat sebagian ulama yang bersikap seperti ini dikatakan bahwa mereka kurang faqih dalam bab ini?? atau sebaliknya justru sikap mereka itu terbit dari kefaqihan mereka??, dimana mereka sangat berpegang kuatnya terhadap sesuatu amaliyyah yang mereka telah yakini berdasarkan ilmu yang mereka telah bersusah payah dan memeras keringat mereka dalam membahas dan tahqiq. Sehingga mereka sangat kuatnya berpegang tethadap ilmu yang telah mereka yakini kebenarannnya. ??

Lebih dari itu kami khususnya para pelajar ilmiyyah yang telah memiliki kemampuan tentunya seolah olah sangat dimotivasi untuk tegak atas dasar ilmu dan pembahasan ketika mendengarkan soal jawab bersama beliau dalam rekaman ini. Dan kemerdekaan ilmiyyah yang berdasarkan kaidah kaidah ilmu.

Adab dan sikap yang benar dan kaidah yang tepat ketika para pelajar khususnya berhadapan dengan persoalan khilaf.

Apa yang harus dilakukan?, kemana dan bagaimana jalan yang harus ditempuh?.

Dan juga seakan diingatkan kembali bahwa agama kita ini al islam adalah agama yang datang dari Allah yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka kita mengambil agama kita dari sana, yaitu Qaallallah dan Qaala Rasulullah. Apa yang shahih datang dari itu maka itu yang kita amalkan. Dan ini adalah thariqah nya para ulama yang kita belajar kepada mereka dan mereka adalah orang orang yang mulia. Tetapi tentunya Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih kita cintai dari mereka.

Simak dan dengarkan dan mudah mudahan dapat diambil pelajaran dari rekaman soal jawab yang singkat ini bagi siapa saja yang ingin memanfa’atkannya.

Semoga Allah menghidupkan kita dan mematikan kita diatas agama Muhammad dan sunnah Muhammad nabi kita yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Wallahu’alam

Termaktub oleh akhuna Eko Abu Abdillah (admin channel maktabah Mu’awiyah bin Abi Sufyan)

Simak video penjelasannya :

2 Responses to Sebagian Ulama Shalat Tarawih di Masjidil Haram 11 Rakaat ~ Ustadz Abdul hakim bin Amir Abdat

  1. semua imam madzhab tdk ada yg 11..imam maliki malah lbh bnyk dr 23..ingin tahu knp?..apa para imam madzhab itu gk ngrrti hadits?atau kt yg merasa kpinteran?apa kt yg minim ilmu tp sombong?,atau kt bgitu mudah mmbenarkan tausiah dan mbgikuti tausiah2 digitaliah tanpa mau tabayyun kpd para ulama lainnya?#mikir

    Simpel jawabannya..
    Jika Rasulullah mempraktekkan TIDAK LEBIH dari SEBELAS RAKAAT
    Jika Para Sahabat pun mempraktekkan TIDAK LEBIH dari SEBELAS RAKAAT…

    Lalu… anggaplah para imam madzhab melakukan LEBIH DARI SEBELAS RAKAAT,..
    Mana yang YANG LEBIH BAIK kita ikuti dan WAJIB didahulukan???
    Jawabnya,.
    Contoh dan praktek dari Rasulullah dann para Sahabar yang WAJIB KITA IKUTI…

    Hasil ijtihad para Imam madzhab, jika benar mereka mendapat DUA PAHALA, jika keliru mereka mendapat SATU PAHALA,..
    Dan HASIL IJTIHAD dari Imam madzhab SEHEBAT APAPUN keilmuannya, selama itu MENYALAHI PRAKTEK NABI DAN SAHABAT, maka kita mengikuti perkataan Imam madzhab yaitu : Jika pendapatku MENYELISIHI PRAKTEK NABI , maka TINGGALKAN PENDAPATKU,
    Ada juga imam madzhab yang berkata, jika ada HADITS SHAHIH, itulah MADZHABKU…

    Maka, kita mengikuti perkataan Imam madzhab, yaitu mengikuti HADITS SHAHIH saja,.

  2. Masya Allah sangat kokoh sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *