Di Antara Cara Mendidik Anak – Ustadz Abdul Hakim Abdat

Diantara cara mendidik anak, misalnya dalam memberikan pengajaran sejarah melalui buku bacaan kepada mereka yang lebih tepat ialah tanpa menyertainya dengan gambar gambar pada buku bacaan tersebut, karena dengan adanya gambar gambar tersebut akan mengurangi daya berfikir bagi anak anak itu sendiri.

Sebaliknya jika sebuah tulisan itu hanya tulisan saja tanpa disertai dengan gambar maka hal ini akan menjadikan daya berfikir anak anak menjadi berjalan dan berfikir luas.

Diantaranya lagi cara mendidik anak ialah menghindari BENTAKAN kepada mereka, khususnya bentuk bentakan bentakan yang diperuntukkan untuk orang orang dewasa.

Karena daya kekuatan penerimaan seorang anak itu baik akal, fisik dan hatinya belum siap untuk menerima bentakan untuk orang dewasa, sehingga diantara dampaknya bagi anak anak yang sering dibentak dengan bentakan demikian ialah dapat mengurangi kecerdasannya, ada kegoncangan dalam diri anak tersebut dan justru menjadikan anak anak tersebut terbiasa dengan bentakan tersebut.

Oleh karena itu diantara cara mendidik anak yang terbaik ialah apa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dimana beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat mencurahkan kasih sayang beliau yang mendalam kepada anak anak dan sabarnya beliau dalam menghadapi anak anak dan tampil sebagai seorang yang sangat mengerti sekali terhadap dunia anak anak.

Oleh karena itu tidak ada pendidikan yang terbaik dalam mendidik anak anak melebihi pendidikan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap anak anak.

Itulah beberapa faedah dari cuplikan NASEHAT yang sangat berharga oleh Syaikhuna al Fadhil Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullah tentang “DIANTARA CARA MENDIDIK ANAK” untuk diketahui oleh kita para pendidik anak anak.

Juga oleh para orang tua…

Oleh para pendidik dan pengajar…

Kita ambil CARA MENDIDIK ANAK ANAK KITA! dari pendidikan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Materi ini merupakan salah satu pertanyaan dalam soal jawab pada daurah al ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat bersama para Da’i Yogyakarta dan sekitarnya beberapa waktu yang lalu di Yogyakarta.

Semoga bermanfa’at.

Termaktub akun fb Eko Abu Dihyah

One Response to Di Antara Cara Mendidik Anak – Ustadz Abdul Hakim Abdat

  1. makasih admin
    sangat mebantu sekali artikelnya
    smoga anak saya lebih baik

    Alhamdulillah,.
    Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *