Mengikuti Perkara Was-Was Itu Menggembirakan Setan – Ustadz Abdul Hakim Abdat

Sungguh pembuat syari’at yang bijaksana telah menetapkan bahwa

“SESUATU YANG TELAH DIBINA ATAS DASAR KEYAKINAN TIDAK BISA DIGUGURKAN DAN DIBATALKAN KARENA KERAGUAN YANG MENDATANG”.

Oleh karena itu tidak boleh kita membina ibadah kita atas dasar WAS-WAS, karena perkara was-was ini sungguh sangat MENGGEMBIRAKAN Syaithan…

Sungguh perkara was-was ini terutama dalam perkara bersuci merupakan perkara yang telah banyak memasuki ke dalam hati-hati seorang yang Ahli Ibadah tetapi jahil.

Mereka selalu diganggu oleh perasaan was-was sehingga sangat tersiksa sekali ketika menjalankan ibadah. Mereka was -was dalam shalat shalat mereka… merasa telah keluar sesuatu…?

Padahal ini adalah was-was yang keluar dari perasaannya yang dia benarkan dan dia ikuti dan turuti kemauan dari perasaan was-was itu, sehingga semakin bergembiralah syaithan…

Padahal Nabi kita yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan penjelasan yang merupakan kaidah besar tentang dibinanya sebuah ibadah atas dasar keyakinan, ketika beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya oleh seorang yang dalam shalat merasa seperti telah keluar angin dari perutnya apakah ia harus keluar dari shalatnya?

Maka Nabi yang mulia shallallahu ‘alahi wa sallam menjawab bahwa jangan ia keluar dari shalat nya sampai terdengar suara dan tercium bau.

Itulah sebuah keyakinan yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan meninggalkan segala bentuk keraguan dan WAS -WAS. Sehingga MARAH dan KECEWA lah syithan.

Penjelasan yang sangat bermanfa’at atas apa yang dijelaskan oleh Guru kami al Fadhil al Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat semoga Allah tabaaraka wa ta’ala memberkahi umur dan ilmu beliau.

Penjelasan tentang kaidah dalam menghadapi yang namanya WAS-WAS yang sangat mengganggu dan menyusahkan seseorang yang ingin beribadah kepada Rabbul ‘alamin.
Selamat menyimak dan semoga bermanfa’at.
Termaktub akun FB Eko Abu Dihyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *