Imam Itu Diikuti Dalam Hal Yang Sesuai Sunnah Saja – Ustadz Abdul Hakim Abdat

“Sikap Ma’mum Ketika Imam Qunut Shubuh”

Ketika seseorang meyakini bahwa qunut shubuh adalah SUNNAH maka tentu ia mengerjakannya dan menjadi ahlinya.

Kemudian bagaimana jika seseorang meyakini sebaliknya yaitu bahwa qunut shubuh adalah Bid’ah, apakah ketika ia menjadi ma’mum dibelakang imam yang melakukan qunut shubuh ia juga ikut qunut shubuh dengan ikut mengangkat tangan dan mengaminkannya…??, beralasan dengan perkataan sebagian Ulama ?.

Dalam cuplikan video rekaman soal jawab ini al Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullahu ta’ala menjawab dengan menjelaskan satu persatu yang menjadi syubhat bagi sebagian orang yang telah menganjurkan agar ma’mum mengikuti imam yang dalam shalat shubuhnya melakukan qunut shubuh tersebut, padahal ma’mum tersebut berkeyakinan bahwa qunut shubuh adalah bid’ah bukan Sunnah…!.

Dan juga menjawab syubhat atas sebagian orang yang tidak berani dengan tegas ( ATAS DASAR ILMU TENTUNYA ) mengatakan tentang Bid’ahnya.

Sangat menarik untuk kita simak uraian jawaban ilmiyyah dari al ustadz dalam permasalahan ini, di mana dalam permasalahan ini khususnya sangat dibutuhkan keilmuan yang cukup bagi seseorang untuk dapat memberikan jawaban ilmiyyah dalam permasalahan atau bab ini.

Semoga Allah memberikan ganjaran kebaikan yang besar kepada al Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullah atas sumbangsih ilmu beliau kepada kaum muslimin khususnya di negri ini.

Dan semoga Allah senantiasa merahmati para ulama kita di sepanjang zaman yang senantiasa mewarisi ilmu-ilmu mereka.

Selamat menyimak dan tidaklah dipaksa untuk menyimaknya.

Semoga berfaedah ilmu dan amal bagi kita…

Termaktub akun FB Eko Abu Dihyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *