Penjelasan Tentang Kelompok-Kelompok SESAT – Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat

Dahulu dan kini, juga nanti hingga akhir zaman, seperti yang kita ketahui bahwa kaum muslimin bercerai berai ke dalam berbagai macam firqah. Dan kita mengetahui pula seluruh firqah-firqah yang bercerai berai itu semuanya mereka mengatakan bahwa mereka berpegang dengan Al Kitab dan As Sunnah, tidak ada diantara mereka yang mengatakan bahwa: “Kami membina madzhab kami tidak berdasarkan Al Kitab dan As Sunnah.

Akan tetapi mengapa mereka saling bercerai berai dalam agama dan berpuak-puak ke dalam berbagai macam firqah firqah??

Jawabannya adalah karena mereka tidak berpegang kepada ushul yang ketiga yakni “maa kaana alaihi salaf”.

Perlu diketahui juga bahwa As Sunnah itu berbeda dengan Al Qur’an, Al Qur’an sahl (mudah) untuk diketahui ayat-ayat atau surat-suratnya dari yang pertama sampai yang terakhir.

Akan tetapi As Sunnah maka ia bertebaran di dalam ratusan bahkan ribuan kitab kitab hadits. Sementara di sisi yang lain kita mengetahui bahwa firqah-firqah yang saling bercerai berai itu:

Pertama: mereka tidak berpegang kepada ushul yang ketiga yakni ala fahmi salaf, yang kedua: maka mereka memahami Al Qur’an atau berdalil dengannya menurut pemahaman mereka semata dan yang ketiga: mereka berdalil dengan hadits secara serampangan yakni bercampur antara hadits yang shahih dan dha’if karena mereka tidak ahli tentangnya. 

Maka dari mana kita mengetahui mengenai hadits yang shahih?

Jawabnya pertama dari ulama. Dari ulama siapa??

Yakni para ulama muhaditsin dan yang kedua harus berjalan sesuai dengan qawaa’idut tahdits (kaidah kaidah yang ada didalam ilmu hadits)

Sungguh menarik bagi kita untuk menyimak uraian kaidah-kaidah tersebut di atas dalam kajian ilmiyyah singkat oleh guru kami Al Ustadz Abu Unaisah Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullahu ta’ala dalam rekaman berikut yang merupakan lanjutan dari kitab da’watunanya Syaikhul imam Muhaddits Muhammad Nashiruddin bin haji Nuh rahimahullahu ta’ala. Yang telah sampai kepada bagian yang ke-8 (Firqah-firqah Sesat)
Selamat menyimak dan semoga bermanfa’at dengan izin Allah.

Termaktub akun FB Eko Abu Dihyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *